8 Komponen Komputer Standar yang Perlu Diketahui

Cia2Pills. Р8 Komponen Komputer Standar yang Perlu Diketahui. Komputer adalah mesin yang kompleks, dengan banyak proses dan pekerjaan yang dilakukan pada tingkat mikroskopis. Tetapi tahukah Anda bahwa di dalam komputer ada beberapa bagian yang dapat Anda lihat atau identifikasi dengan mudah? Komponen komputer inilah yang membuat mesin bekerja dan memengaruhi kinerjanya.

Anda tidak harus menjadi ahli IT untuk mempelajari dasar-dasar apa yang dilakukan bagian komputer dan seperti apa bentuknya. Mari kita tinjau beberapa komponen komputer standar dan semoga Anda akan belajar sesuatu hari ini!

  • Papan induk

Motherboard adalah komponen komputer yang penting karena terhubung dengan yang lain! Motherboard adalah papan sirkuit berukuran layak yang memungkinkan komponen lain berkomunikasi. Motherboard memiliki port yang menghadap ke luar kasing PC, sehingga Anda dapat mengisi daya komputer Anda, mencolokkan monitor, atau menghubungkan mouse.

Motherboard komputer juga berisi slot untuk ekspansi, sehingga Anda dapat menambahkan port aksesori tambahan jika diinginkan. Motherboard juga menyimpan informasi tingkat rendah seperti waktu sistem bahkan ketika komputer dimatikan.

  • Sumber Daya listrik

Sesuai namanya, catu daya memberi daya pada semua komponen mesin lainnya. Biasanya dihubungkan ke motherboard untuk memberi daya pada bagian lain. Catu daya terhubung ke baterai internal pada laptop atau steker untuk stopkontak pada desktop.

  • Central Processing Unit (CPU)

CPU, kadang-kadang disebut sebagai otak komputer, adalah pekerja keras mesin. Ini melakukan perhitungan yang dibutuhkan oleh suatu sistem, dan dapat bervariasi dalam kecepatan. Pekerjaan yang dilakukan CPU menghasilkan panas, itulah sebabnya komputer Anda memiliki kipas di dalamnya. CPU yang lebih kuat diperlukan untuk pekerjaan komputer yang intensif seperti mengedit video definisi tinggi atau pemrograman perangkat lunak yang kompleks.

  • Memori akses acak (RAM)

RAM adalah memori sementara. Setiap kali Anda membuka jendela Microsoft Word, komputer Anda menempatkannya di RAM, dan ketika Anda menutup jendela, RAM itu dibebaskan. Karena RAM volatile, isinya hilang jika mesin kehilangan daya. Inilah sebabnya mengapa Anda kehilangan dokumen Word ketika daya padam jika Anda tidak menyimpannya.

Apa Saja  Komponen Komputer Standar yang Perlu Diketahui?

  • Hard Disk Drive / Solid State Drive

Karena RAM bersifat sementara, komputer Anda memerlukan tempat untuk menyimpan data secara permanen. Di situlah hard drive masuk. Hard drive tradisional terdiri dari beberapa piring berputar dengan lengan yang secara fisik menulis data ke disk. Namun, drive ini lambat dan mulai diganti oleh solid-state drive yang lebih cepat.

Solid-state drive terdiri dari memori flash, seperti ponsel cerdas atau flash drive Anda. Mereka jauh lebih cepat daripada hard disk drive tradisional, meskipun biaya lebih untuk peningkatan efisiensi. Kedua jenis drive hadir dalam berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Mengganti hard drive dengan solid state drive adalah salah satu peningkatan komputer terbaik yang dapat Anda lakukan, perbedaan kecepatannya luar biasa.

  • Kartu Video

Kartu video adalah unit khusus untuk menangani output gambar ke tampilan. Kartu video memiliki RAM khusus untuk menjalankan fungsi-fungsi ini. Kartu video kelas atas diperlukan untuk memproses fungsi visual yang sangat intens, seperti penyusunan komputer oleh para insinyur. Seperti banyak komponen, banyak jenis kartu video tersedia dengan daya dan harga yang beragam.

Alternatif untuk kartu video adalah grafik terintegrasi, yang terjadi ketika sistem meminjam RAM reguler untuk pemrosesan grafik. Grafik yang terintegrasi biasanya melekat pada CPU, terutama pada laptop. Grafik terintegrasi cukup untuk penggunaan komputasi normal dan lebih murah daripada kartu khusus, tetapi tidak akan berfungsi untuk pekerjaan pengeditan yang intens atau game kelas atas.

  • Drive Optik

Meskipun kurang umum dari dulu, banyak mesin masih memiliki drive optik untuk membaca CD dan DVD. Ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton film, menempatkan informasi ke disk kosong, atau menginstal permainan Situs poker dari disk. Karena sebagian besar perangkat lunak saat ini diinstal dari internet alih-alih menggunakan disk, ini tidak sepenting dulu, terutama pada laptop.

  • Perangkat Input dan Output

Tergantung pada komputer khusus Anda, Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat untuk mengirim informasi ke dalamnya atau keluar dari itu. Perangkat input yang umum termasuk mouse (touchpad pada laptop), keyboard, dan webcam, sedangkan perangkat output terdiri dari monitor, printer, dan speaker. Media yang dapat dilepas seperti flash drive dan kartu SD juga dapat digunakan untuk mentransfer data antar komputer. Singkatnya, inilah bagian dalam komputer desktop dengan bagian-bagiannya berlabel:

Sekarang Anda tahu dasar-dasar apa yang ada di dalam PC Anda. Komponen komputer standar ini terlihat sedikit berbeda di dalam laptop untuk mengimbangi perbedaan ukuran, tetapi melakukan fungsi yang sama.